Senin, 27 Februari 2012

Last Decade


   LAST DECADE resmi berdiri sekitar tahun 2010. Akan tetapi jauh sebelum memasang nama LAST DECADE dahulu sudah bergumul Dika, Sudar, Isol, Dodo, dan Weha dengan nama The Cords pada tahun 2009. The Cords memainkan genre Hard Rock dan Thrash Metal. Karena suatu hal, kini The Cords yang sudah menjelma menjadi LAST DECADE bermutilasi hingga tersisa 3 berandal (Isol, Dika,dan Sudar).

      Sebelum tercetus nama LAST DECADE sempat muncul usulan dari Isol untuk menggunakan nama Decade of Therion yang diambil dari salah satu lagu Behemoth, namun
Dika melakukan penetrasi mencetuskan LAST DECADE, setelah bertimbang-timbang ria akhirnya sepakat menggunakan nama LAST DECADE. Yang melatar belakangi munculnya nama LAST DECADE adalah karena rumor yang beredar bahwa di tahun 2012 akan terjadi kiamat, dan jika isu itu benar terjadi berarti di tahun itu adalah peradaban/decade terakhir untuk manusia. Namun filosofi lebih dalamnya, band ini adalah pembuktian dari para personilnya bahwa mereka bisa menyajikan komposisi yang solid dan berbeda pada saat itu, mengingat banyak cibiran yang dilontarkan pada mereka. Sedangkan saat itu mereka(personil) adalah angkatan akhir Sekolah Menengah Atas yang akan lulus, jadi last decade adalah pembuktian mereka kepada teman-teman yang (mungkin) sempat mencibir mereka sebelum mereka lulus. Begitulah filosofi LAST DECADE dari penggambaran jiwa mereka yang begitu dalam.


     Kekosongan personil yang ditinggalkan oleh Weha dan Didit memaksa band ini untuk menambah pasukan dengan menggaet Fajar(Mordiggian) dan Donies(Siksa Selatan). Dan bertransisi ke Groove Metal dengan overing Lamb of God  dan sedikit bumbu Metalcore dari Burgerkill. Mengusung genre Groove Metal dan Metalcore karena mereka nyaman dengan genre ini, dan karena mereka mempunyai impian yaitu seiring berjalannya waktu mereka ingin mempunyai ciri khas tersendiri seperti Burgerkill dan Lamb of God  yang menurut mereka mempunyai ciri khas sendiri yang berbeda dengan band metal lainnya sehingga mereka sangat terinspirasi oleh dua band besar tersebut.

        Dari segi musikalitas, LAST DECADE banyak terinfluence dari Burgerkill dan Lamb of God. Tapi dari materi syair lagu yang mereka buat, selain dari kedua band tersebut mereka juga tertarik dengan pemilihan kata(diksi) dari DeadSquad yang dianggap unik dengan permainan kata yang membuat listener menjadi interest terhadap lirik dan tertarik menelaah lebih jauh apa yang kita sampaikan dibalik lirik-lirik lagu yang kami buat kedepannya.

        Rencananya di tahun ini take 2-3 lagu dengan materi yang sudah ada selain lagu “Hitam Hati Binatang” yang sempat dibawakan di event studio gigs Sound of Ground #1. Untuk take perdana mereka ingin menggunakan materi baru yang lebih fresh dengan lagu bertema tentang salah kaprah manusia dalam mengimplementasi agamanya. Yang menelan secara mentah-mentah dan terkesan over dalam melaksanakan kehidupan beragamanya. Judulnya masih dirahasiakan dan lagunya ditunggu saja. Hehe
J

      Beberapa event yang sudah dimangsa LAST DECADE diantaranya peringatan harkitnas(bukan hari kejepit nasional lho..) di SMK 2, EXOTIC#1, EXOTIC#2, EVOLUTION#3, GUNUNGKIDUL METAL SICKNESS#1, SOUND of GROUND#1, INDEPENDENT at Boepap(Boekan Papilon) cafe.
Banyak metalheads yang menerima LAST DECADE ditengah-tengah gempuran band Death Metal yang crowdnya cukup banyak di scene metal Gunungkidul. Itu terbukti  beberapa waktu yang lalu dengan banyaknya dukungan poling sms dan voting yang meloloskan band ini mengeksekusi EVOLUTION#3. Itu mereka anggap sebagai bentuk dukungan metalheads Gunungkidul kepada LAST DECADE yang dibalas dengan ucapan terimakasih dan tampil all out selama mereka manggung. Dan tanpa teman-teman metalheads yang terus memberi support, LAST DECADE bukan apa-apa layaknya Malaikat Isrofil tanpa terompet sangkakalanya.

       Harapan untuk LAST DECADE dan Gunungkidul Metal Konspirasi keduanya hampir sama, mengutip kalimat mas Irsan “sek urip lan nguripi” maksud yang tersirat, mereka dapat membawa aura kebaikan untuk siapapun yang ada disekitar mereka(LAST DECADE). Memberikan dampak positif di segala aspek, dan tetap hidup. Terkhusus untuk keluarga Gunungkidul Metal Konspirasi(GMK), ini rumah kita. Untuk saat ini memang baru pondasi, namun pondasi ini sebisa mungkin kita buat dengan kokoh dan yang menentukan berlantai 1, berlantai 2, minimalis, ataupun mewah adalah kita keluarga GMK. J

Personil:
     Isol as Vocal
     Dika as Guitar 1
     Sudar as Guitar 2
     Fajar as Bass
     Donies as Drum




                     Isol                                                                          Fajar Hanafi


             Dika Pradana                                                                     Sudar

Donies


cekthispage at facebook : LAST DECADE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar